Minggu, 07 Desember 2014

Peranan Etika dalam Pelaksanaan Suatu Bisnis

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
Saudara - saudaraku yang dimuliakan oleh Allah SWT. mungkin sebagian dari kita umat muslim masih bertanya - tanya sebenarnya apa fungsi / peranan etika dalam suatu bisnis?
Sungguh sangat diperlukan sekali yang namanya etika dalam segala tindakan di kehidupan ini.
terutama jika kita berbicara pada persoalan bisnis, yang saat ini bisnis menjadi alat untuk menyejahterahkan umat manusia. etika dalam kehidupan terutamanya dalam persoalan bisnis, berfungsi sebagai pembatas / gabs agar manusia itu memiliki kontrol atas segala tidakannya. Dapat kita bayangkan jika saja penerapan etika itu ditiadakan, pasti segala tindak tanduk manusia dalam melakukan tindakannya tidak akan memilki sebuah kontrol. Apalagi dalam persoalan bisnis yang saat ini banyak sekali orang berolomba - lomba untuk menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan dalam pelaksanaan suatu bisnis tersebut. Pada akhirnya, kebanyakan dari mereka para pelaku bisnis tidak akan pernah berpikir untuk memberikan jasa, produk maupun pelayanan yang maksimal kepada konsumennya.
Disinilah peranan etika itu diperlukan. telah saya singgung diatas bahwa etika dalam berbisnis diperlukan sevagai batasan agar pelaku bisnis tersebut tetap memberikan jasa, produk maupun pelayanan yang maksimal dan baik kepada para konsumennya. bayangkan saja jika semua pelaku usaha di dunia ini memegang teguh prinsip etika dalam pengoperasian bisnisnya. pasti tidak akan ada yang namanya pemalusan produk, jasa ataupun yang lainnya dalam operasional bisnis tersebut.
Jadi saya tekankan sekali lagi bahwa nilai - nilai etistik / etika dalam bisnis itu sangat perlu dan urgen sekali untuk diimplementasikan oleh setiap pelaku usaha.


- Terima Kasih -
Semoga Bermanfaat
rere.maulana.b@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar